Minggu, 28 Juli 2013

MAKALAH TEKNIK INSTALASI PERANGKAT KOMPUTER


MAKALAH
 TEKNIK INSTALASI
(PERANGKAT KOMPUTER)




 






Nama
:
DAVID PALIWAN
NPM
:
2011030049





       SEKOLAH TINGGI MANEJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK)
  HANDAYANI MAKASSAR
             2013




KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.Karena berkat rahmatnyalah kami dapat menyusun makalah ini. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada dosen pembimbing yang sudah memberi tugas makalah ini, sehingga kami bisa belajar dan mengetahui sedikit pengetahuan tentang Mendiagnosa Permasalahan Opersi PC dan Periferl khususnya cara-cara perbaikan jika terjadi kerusakan pada hard diks
Harapan kami dengan adanya makalah ini, siapa saja yang membacanya dapat mengambil manfaatnya dan menjadikan motivasi untuk lebih mengetahui dan mempelajari cara-cara perbaikan jika terjadi kerusakan pada perangkat computer.
Demikian dari kami semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.



DAFTAR ISI

Kata Pengantar    …………………………………………………………………………………………………. I
Daftar Isi               ………………………………………………………………………………………………… II
PROSESOR            ………………………………………………………………………………………………… 1
·        Perkembangan prosesor  …........................................................................... 1
·        Generasi prosesor             …........................................................................... 1
RAM ( RANDOM ACCES MEMORY )....................................................................... 2
·        Teknologi perkembangan RAM ……………………………………………………………..…. 2
MOTHER BOARD  …………………………………………………………………………………………..…… 3
·        PERKEMBANGAN MATHERBOARD …………………………………………………………... 3
·        KOMPONEN-KOMPONEN MATHER BOARD ……………………………………………... 3
HARDDISK            ………………………………………………………………………………………………… 4
·         SPESIFIKASI HARDDISK ……………………………………………….. 4
·         PENGERTIAN ATA DAN SATA ……………………………………………………………………. 4
CD / DVD……………………………..…………………………………………………….…………… 4
·         PERBANDINGAN CD/DVD …………………………………………………………………………. 5
TROUBLESHOTING PADA KOMPUTER ………………………………………………………………... 5
·        TENTANG “BAD SECTOR” …………………………………………………………………………. 7
PENUTUP             ………………………………………………………………………………………………... 8
·        KESIMPULAN  …………………………………………………………………………………………... 8
·        SARAN …………………………………………………………………………………………………..…. 8


PROSESOR
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah chip yang berupa Integrated Circuit (IC) yang mengontrol keseluruhan sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan dan menjalankan tugas input dan output.
PERKEMBANGAN PROSESOR
Microprocessor 4004 (1971)
Processor di awali pada tahun 1971 dimana intel mengeluarkan processor pertamanya yang di pakai pada mesin penghitung buscom.
Microprocessor 8008 (1972)
Pada tahun 1972 intel mengeluarkan microprocessor 8008 yang berkecepatan hitung 2 kali lipat dari MP sebelumnya.
GENERASI PROSESOR
·         Processor 8086 (1978) merupakan CPU 16 bit pertama Intel yang menggunakan bus sistem 16 bit.Sesungguhnya 8088 merupakan CPU 16/8 bit. Secara logika prosesor ini dapat diberi nama 8086SX. 8086 merupakan CPU pertama yang benar-benar 16 bit di keluarga ini.
·         286 (1982) juga merupakan prosessor 16 bit. Prosessor ini mempunyai kemajuan yang relatif besar dibanding chip-chip generasi pertama. Frekuensi clock ditingkatkan, tetapi perbaikan yang utama ialah optimasi penanganan perintah.
·         386 diluncurkan 17 Oktober 1985. 80386 merupakan CPU 32 bit pertama. Dari titik pandang PC DOS tradisional, bukan sebuah revolusi. 286 yang bagus bekerja secepat 386SX pertama walaupun menerapkan mode 32 bit.
·         80486 dikeluarkan 10 April 1989 dan bekerja dua kali lebih cepat dari pendahulunya. Pada saat yang sama kecepatan bus dinaikkan, tetapi 386DX dan 486DX merupakan chip 32 bit. Sesuatu yang baru dalam 486 ialah menjadikan satu math processor pembantu matematis.
·         Chip pentium classic p54c ini dikembangkan oleh Intel dan dikeluarkan pada 22 Maret 1993. Prosessor Pentium merupakan super scalar, yang berarti prosessor ini dapat menjalankan lebih dari satu perintah tiap detik clock.
·         Pengembangan Pentium Pro dimulai 1991, di Oregon. Diperkenalkan pada 1 November, 1995 . Pentium Pro merupakan prosessor RISC murni, dioptimasi untuk pemrosesan 32 bit pada Windows NT atau OS/2. Fitur yang baru ialah bahwa cache L2 yang menjadi satu Chip raksasa, dengan chip empat persegi panjang dan Socket-8nya.
·         Processor AMD utama yang sangat menggemparkan Athlon (K7) diperkenalkan Agustus 1999. Tanggapan Intel (nama sandi Foster) tidak dapat diharapkan hingga akhir tahun 2000. Dalam bulan-bulan pertama, pasar menanggapi Athlon sangat positif. Nampaknya (seperti yang diharapkan) untuk mengungguli Pentium III pada frekuensi clock yang sama.
·         Processor generasi ke 8 adalah Core 2 Duo yang di luncurkan pada juli 2007. Processor ini memakai microprocessor dengan arsitektur x86. Arsitektur tersebut oleh Intel dinamakan dengan Intel Core Microarchitecture, di mana arsitektur tersebut menggantikan arsitektur lama dari Intel yang disebut dengan NetBurst sejak tahun 2000 yang lalu.
·         Intel Core i7 diluncurkan 20 November 2008
Memiliki performa lebih tinggi dan lebih efisien dalam penggunaan energi.
FSB (Front Side Bus) digantikan dengan QuickPath Interface.Core i7 menggunakan single-die device. Menggunakan tipe socket baru yaitu Socket B (Socket LGA 1366)

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.
RAM ( RANDOM ACCES MEMORY )
Random Access Memory Atau biasa disebut dengan istilah RAM, atau biasa juga disebut memory, adalah salah satu jenis alat penyimpanan data pada komputer atau media elektronik lainnya (PDA. HP, Notebook, Netbook, dll) yang bersifat sementara.RAM berfungsi untuk menyimpan instruksi sementara dari komputer untuk mengeluarkannya ke output device
Teknologi perkembangan RAM
·         Pada tahun 1987, RAM jenis FPM (Fast Page Mode) diperkenalkan. FPM merupakan bentuk RAM yang paling kerap digunakan dalam system komputer pada masa itu.
·         Pada tahun 1995, perkembangan teknologi maklumat telah menghasilkan modul memori yang seterusnya iaitu EDO (Extended Data Out). EDO mirip dengan FPM, cuma diubahsuai sedikit untuk membolehkan akses memori berturutan berlaku dengan labih pantas.
·         Pada tahun 1997 SDRAM diperkenalkan, dengan clock speed (kecepatan putaran) 66 MHz, SDRAM ini mampu menghantarkan data dengan kecepatan maksimal 533 MB/det.
·         Pada tahun 1999 RDRAM diperkenalkan, RDRAM lebih banyak ditujukan untuk atau user lain yang memang sangat membutukan memory berkecepatan tinggi.Kualitas yang dimiliki oleh RDRAM mengakibatkan harganya sangat tinggi .
·         Pada tahun 2000, DDR-SDRAM diperkenalkan. RAM ini merupakan inovasi daripada SDRAM di mana ia menjanjikan DDR yang kali pertama muncul, memang memiliki clock speed yang sama dengan SDRAM yaitu 100 MHz, tetapi meskipun sama kecepatan pengantaran datanya jauh lebih besar DDR. Hal ini disebabkan dalam satu putarannya DDR melakukan sekaligus dua pekerjaan (pengoperasionalan).


DDR (DDR1)
DDR (double data rate) RAM generasi 1 merupakan memori yang mulai menggunakan teknologi double clock cycle.
Kelebihan DDR 1: Mampu mentransfer data dua kali lebih cepat dari jenis RAM sebelumnya.
kekurangan DDR 1: Frekuensi transfer yang bisa dihasilkan hanya antara 200-400 MHz.
DDR2
Kelebihan DDR2: Memiliki clock cycle dua kali lebih banyak artinya, kemampuanya dua kali lebih cepat dibandingkan DDR1.
Kekurangan DDR2: Memory clock-nya terentang dari 100 MHz sampai 266 MHz.

MOTHERBOARD
Mainboard atau Motherboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem mainrboard.

Fungsi Mainboard adalah sebagai pusat semua perangkat keras komputer / hardware, agar semua perangkat keras komputer tersebut bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lain. sebagai contoh: Processor, Memori(RAM), hardisk, optical drive, keyboard, mouse, monitor dan semuaperangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan dengan menggunakan motherboard.

PERKEMBANGAN MATHERBOARD
Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, oleh Apple untuk Apple II-nya. Sebagai informasi, dulu komponen-komponen komputer seperti CPU dan memori ditempatkan di satu kartu tersendiri, dan dihubungkan dengan kabel-kabel.Karena sangat repot menghubungkan satu komponen PC dengan komponen lainnya, para pengembang produk komputer punya ide untuk membuat satu tempat khusus untuk menampung berbagai periferal komputer. Terciptalah suatu papan lebar yang berisi beragam slot sebagai tempat menyolokkan komponen-komponen PC. Papan itu dinamai motherboard/mainboard.

KOMPONEN-KOMPONEN MOTHERBOARD
·         Konektor power adalah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer
·         Terdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan prosesor Anda. Model paling lama adalah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau popular dengan istilah Socket 7. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel, AMD, atau Cyrix.
·         VIA VT8751A yang memberikan interface prsessor dengan frekuensi 533/400MHz, yang mensupport intel Hypertheading Tecnologi, interface system memory yang beropersi pada 266MHz, dan interface AGP 1.5V yang mendukung spesifikasi AGP 2.0 termasuk write protocol dengan kecepatan 4X.
·         ada dua tipe socket memori yang kini beredar di masyarakat komputer. Memang ada juga socket terbaru untuk Rambus-DRAM tetapi sampai kini belum banyak pengguna yang memakainya.
·         Konektor  floppy dan IDE menghubungkan motherboard dengan piranti simpan computer seperti floppy disk atau harddisk.
·         Slot port penyelerasi gambar ini mensupport Kartu GraTIS mode 3.3V/1.5V AGP 4X untuk aplikasi grafis 3D
South bridge controller
Peripheral kontroler terintegrasi VIA VT8235 yang mensupport berbagai I/O fungsi termasuk 2-channel ATA/133 bus master IDE controller, sampai 6 port USB 2.0, interface LCP super I/O, interface AC’97 dan PCI 2.2.
·         Standby power led menyala jika terdapat standby power di motherboard. LED ini bertindak sebagai reminder (pengingat) untuk mematikan system power sebelum menghidupkan atau mematikan mesin.
·         Pegembangan slot PCI 2.2 32-bit in9i mensopport bus master PCI cart seperti SCSI atau cart LAN dengan keluaran maksimum 133MB/s.
·         PS/2 Mouse Portkonektor hijau 6 pin ini adalah untuk mouse.

HARDDISK
Harddisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi.Disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track.Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan.Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya.

Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar.Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi.Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya.

SPESIFIKASI HARDDISK
·         IDE/SATA adalah ciri yang paling penting yang perlu dilihat supaya hard disk yang dibeli adalah sesuai dengan sokongan motherboard.
·         Ruang penyimpanan data adalah ciri yang kebiasaannya dilihat oleh pembeli dimana lebih besar kapasiti storan, maka lebih banyaklah data yang boleh disimpan (Harganya pun semakin mahal). Contohnya 160GB, 320GB, 500GB, 640GB, 750GB, 808GB, 1TB, 2TB.
·         Kelajuan capai data diukur melalui unit RPM (round per minute) dimana piring magnetik di dalam hard disk akan berpusing dengan pantas untuk header membaca setiap lokasi data.
·         Ingatan cache untuk menyimpan data yang kerap digunakan. Contohnya 8MB, 16MB, 32MB.

PENGERTIAN ATA DAN SATA
·         AT Attachment (ATA) adalah antarmuka standar untuk menghu­bungkan peranti penyimpanan seperti hard disk, drive CD-ROM, atau DVD-ROM di komputer. ATA singkatan dari Advance Technology Attachment.
·         SATA adalah pengembangan dari ATA. SATA didefinisikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total.

CD / DVD
CD dan DVD ialah salah satu jenis storan optik yang juga dikenali sebagai cakera padat. Tidak seperti cakera keras yang menyimpan data secara magnetik, cakera padat menyimpan data secara optik.

Perbedaan  antara CD dan DVD ialah dari segi kapasiti storan. DVD dapat menampung kapasiti lebih tinggi berbanding CD karena DVD memiliki lubang-lubang dan trek yang begitu rapat antara satu sama lain, membolehkan ia menyimpan sejumlah besar data berbanding format CD biasa. CD biasa hanya boleh menyimpan antara 650MB ke 700MB data, manakala DVD boleh menyimpan antara 4.7GB hingga 17 GB, bergantung kepada jenis format. 

·         Terdapat banyak format untuk CD diantaranya ialah CD-ROM, CD-R dan CD-RW. CD-ROM hanya mengandungi data yang boleh dibaca sahaja oleh pemain CD-ROM. CD-R pula membenarkan anda untuk merakam hanya sekali sahaja. Ini bermakna anda boleh merakamkan audio, video atau data untuk sekali rakam dan boleh dimainkan menggunakan pemain CD-ROM. CD-RW pula membolehkan anda merakam dan menulis data berulang kali pada cakera yang sama. Dengan menggunakan perisian istimewa, anda juga boleh memadam data CD-RW seperti mana memadam data di dalam cakera keras .
·         Format DVD agak keliru jika dibandingkan dengan format CD. Ini disebabkan pengeluar-pengeluar utama DVDsedang bersaing antara satu sama lain untuk mencipta satu "piawai" format rakaman.

PERBANDINGAN CD / DVD
Keunggulan DVD dibanding CD
·         Kapasita simpan yang jauh lebih besar dibandingkan dngan CD.
·         kapasitas gambar yang jauh lebih baik (740x480) dibanding engan CD yang hanya berkapasitas (352x240).
·         Fasilitas tambahan seperti subtitle/multilingual, multianggel (sudut pandang berbeda adegan film), ekstra trailer,dll.
·         kemampuan resume,sehingga apabila kita belum selesai menyaksikan satu judul film dan kita dapat,elanjutkannya tepat diman kita meninggalkan nya
Kekurangan DVD 
·         Sistem Region Code (SRC) yang membatasi peredaran keping DVD dan DVD player untuk beberapa negara atau suatu kawasan tertentu didunia ini.
·         Sistem enkripsi (CSS), yang membuat backup DVD menjadi sulit, dan juga menyulitkan untuk memainkan platform linux secara legal karena membutuhkan lisensi untuk mendeskripsikan nya.
Kelebihan  CD
·         Penggunanya bisa berinteraksi dengan program komputer karena dalam CD Interaktif terdapat menu-menu khusus yang dapat diklik oleh user untuk memunculkan informasi berupa audio, visual maupun fitur lain
·         Menambah pengetahuan. Pengetahuan yang dimaksud adalah materi pelajaran yang disajikan CD Interaktif adalah menambah pengetahuan. Pengetahuan di sini adalah materi pembelajaran yang dirancang kemudahannya dalam CD Interaktif
·         Tampilan audio visual yang menarik adalah Menarik di sini tentu saja jika dibandingkan dengan media konvensional seperti buku atau media dua dimensi lainnya.
Kekurangan CD
·         kelemahan cd selain ukurannya fisiknya besar, juga mudah rusak.
·         daya tahan replikasi cdnya yang tidak terlalu lama. semakin sering di pakai maka permukaan cd vcd lama kelamaan akan semakin kasar.

Troubleshooting Pada Komputer
Troubleshootingadalah adanya suatu masalah atau adanya ketidaknormalan pada komputer kita, dan bagaimana cara kita mendapatkan solusinya atau memperbaiki permasalahan tersebut.
Masalah komputer atau troubleshooting pada komputer dibagi menjadi 2, yaitu:
·         Troubleshooting hardware biasanya ditandai dengan komputer tidak dapat menyala, monitor mati dan lain sebagainya.
·         Troubleshooting software ditandai dengan lambatnya kinerja komputer dan lain-lain.

berikut merupakan masalah-masalah umum yang sering kita temui pada kerusakan komputer dan cara mengatasinya:

·         Komputer Menyala Tapi Tidak Ada Tampilan Di Layar :
Hal ini sering kita temui, dan ternyata permasalahannya mudah saja, yaitu memori/ram longgar, kaki-kakinya (yang kuningan) kotor, atau memory mati.Solusinya Bersihkan kaki-kakinya dengan tisu atau penghapus pensil hingga bersih, dan bersihkan juga port memori yang terdapat pada motherboard dengan menggunakan kuas.
·         Komputer berbunyi Beep 3 kali pendek/cepat :
Power Supply hidup tapi tidak ada tampilan. Hal seperti ini bisa jadi terjadi kerusakan pada VGA card, posisinya yang longgar atau kaki-kakinya kotor.Solusinya Bersihkan kaki-kakinya yang berwarna kuningan dengan menggunakan penghapus pensil atau tisu.
·         Komputer tidak bisa membaca Flashdisk
Masalah seperti ini kebanyakan pada Power Supply komputer yang sudah lemah.Solusinya Coba colokkan pada Port USB bagian belakang CPU, karena Port ini langsung menempel di motherboard dan siapa tau daya listriknya lebih bagus.
·         Komputer Tidak Mau Hidup
Diantara permasalahan pada komputer, mungkin masalah yang satu ini yang sebagian orang berpikir paling parah.Cara Mengatasinya Cek koneksi kabel (dari power outletnya ke tombol power pada PC).Cek apakah stabilizer berfungsi atau tidak (jika memakai stabilizer).Coba buka kabel 24 pin Power Supply yang masih dialiri listrik dan coba hubungkan port kabel warna hijau dan abu-abu dengan menggunakan kawat, jika power supply tidak menyala, maka Power Supply tersebut mengalami kerusakan.
·         Komputer Mau Hidup Tetapi Tidak Mau Booting
kenali terlebih dahulu Bunyi Beep-nya:
o   Beep 1 kali saja. Tanda bahwa kondisi komputer baik.
o   Beep 1 kali panjang. Terdapat problem pada memory.
o   Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek. Kerusakan Pada VGA card.
o   Beep terus menerus. Kerusakan di modul memory atau VGA Card.
Solusinya :coba cek dengan menggunakan software diagnosa seperti sisoft sandra, PC mark04, PC mark05 dll
·         Komputer Sering Hang
Disebabkan software mengalami crash.
o   Tekan ctrl+alt+del (Windows Task Manager), kemudian klik “End task” pada program yang “Not Responding”.
o   Tekan tombol restart pada CPU.
o   Cek apakah harddisk tidak bermasalah atau mengalami Bad Sector.
o   Konflik antar hardware sering terjadi pada sistem operasi windows.
o   Jalankan fasilitas “add new“ hardware yang terdapat pada control panel.
·         Keyboard atau Mouse Tidak Terdeteksi Oleh Komputer
Cara Mengatasinya: mouse telah terpasang dengan benar, dengan melepas dan memasang colokannya kembali dengan rapat, lalu restart
·         Keluar Layar Biru Saat Booting atau “Blue Screen”

Masalah seperti ini kemungkinan adanya masalah pada transfer data pada harddisk dan mainboard, atau terdapat kerusakan pada memori atau VGA Card.
Solusinya:
o   Cek kabel data harddisk apakah pemasangan sudah benar, jika ada salah satu kabel data (pada kabel harddisk jenis ATA) yang terbakar atau rusak, ganti dengan yang baru.
o   Coba setting harddisk menjadi slave dengan melepas jumpernya yang terdapat pada bagian belakang harddisk.
o   Jika setiap kali booting komputer meminta scan pada drive harddisk yang baru saja dipasang, ada kemungkinan harddisk tersebut mengalami bad sector.
o   Lepas memori, kemudian pindahkan ke port memori sebelahnya.
o   Coba bersihkan kaki-kaki memori atau VGA Card dengan menggunakan tisu atau penghapus pensil.

Tentang “Bad Sector”
Hardisk terdiri dari beberapa sector. Bad sector berarti ada sebagian sector di hardisk yang rusak. Akibatnya harddisk bisa mengalami error dan kehilangan data.
Tanda-tanda Harddisk yang Bad Sector:
·         PC sering hang pada saat menjalankan aplikasi (game,program,dll).
·         Terdengar suara yang tidak wajar dari harddisk.
·         PC sulit diinstal SO (terutama pada saat pembagian partisi).
·         Jika sudah parah, data yang tersimpan di Harddisk bisa hilang atau terhapus.
                Penyebab utama terjadinya Bad Sector:
·         PSU atau stabilizer yang kurang baik dalam memberikan daya listrik pada komputer.
·         Komputer sering ter-shutdown dengan tidak benar, salah satu penyebabnya listrik yang tiba-tiba mati (mati lampu). Jadi sangat dianjurkan memakai PSU atau stabilizer yang baik, agar bisa men-shutdown komputer dengan baik.



PENUTUP

KESIMPULAN
Perangkat Keras Komputer adalah semua bagian fisik komputer yang berfungsi untuk memberikan masukan, mengolah dan menampilkan keluaran, dan digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang telah diprogramkan.Tetapi secara gampangnya kita dapat mengambil empat kata pertama dari pengertian tersebut yaitu semua bagian fisik komputer, karena definisi perangkat keras menurut bahasa memang adalah bentuk fisik yang dapat dirasakan oleh pancaindera.

Perangkat keras juga merupakan bagian dari sistem komputer.Dimana perangkat keras komputer berfungsi sebagai eksekutor dari perintah yang telah diprogramkan melalui perangkat lunak yang ditanamkan pada perangkat keras.Jadi perangkat keras bukan hanya berarti sebuah benda yang dapat dirasakan pancaindera tetapi juga harus memiliki keterkaitan dengan sistem komputer melalui perangkat lunak.

SARAN
Puji syukur dengan selesainya tugas makalah ini saya sebagai penulis sadar sebagai manusia biasa tidak luput dari kekeliruan dan kesalahan, agar teman-teman dan dosen yang bersangkutan memberikan saran supaya mencapai kesempurnaan makalah selanjutnya.

0 komentar:

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

You Can also Receive Free Email Updates:

Powered By Follow Twitter

DAFTAR ISI

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

You Can also Receive Free Email Updates:

Powered By Follow Twitter